Jayabakti.desa.id – Puing-puing reruntuhan bekas banjir bandang yang melanda wilayah Jayabakti, Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, mulai dibersihkan oleh pihak Pemerintah Desa Jayabakti serta dibantu Babinsa, Selasa (22/09/2020).

Pemdes Jayabakti mengerahkan seluruh tenaga dalam upaya membantu para korban untuk membersihkan reruntuhan serta sisa-sisa lumpur yang mengendap diarea Rumah akibat meluapnya air sungai cibojong dari gunung salak.

Kepala Desa Jayabakti, Opik mengatakan pihaknya terus bekerja keras dalam upaya membantu masyarakat yang terkena dampak dari banjir bandang ini.

“Kegiatan ini dilaksankan atas ghiroh dan semangat kemanusiaan, dan kami langsung terjun ketempat korban bencana banjir ini, seperti membersihkan sisa-sisa reruntuhan, mengangkut tanah yang masuk kedalam rumah, serta mengepel lantai dengan alat seadanya. Alhamdulillah Babinsa dan masyarakat ikut membantu,” Ujarnya.

Lanjut opik, terdapat bebrapa rumah, sawah, dan jembatan yang rusak karena bencana ini.

“Jumlah total rumah yang terkena dampak banjir di daerah cidahu yaitu lima rumah, empat rumah rusak parah serta satu rusak ringan, area pesawahan yang rusak hampir 28 Hektar, dan tiga jembatan ludes terbawa air,” sahutnya.

Pihaknyapun berharap, agar masyarakat khusunya masyarakat Jayabakti harus tetap berhati-hati karena curah hujan diwilayah cidahu masih agak tinggi.

Bagikan Berita