Jayabakti.desa.id – Pemerintah Desa Jayabakti melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat sekaligus melakukan deklarasi (Open Defication Free) ODF/BABS, acara tersebut berlangsung di aula Desa yang dilanjutkan deklarasi di setiap kedusunan, turut pula di hadiri oleh Kepala Desa, Perangakat Desa, Pendamping PLKB, Serta RT/RW setempat, Kamis – 01/04/2021.

Menurut Kepala Desa “kami mengajak kepada masyarakat untuk bisa menerapkan pola hidup sehat dan bersih, sehingga masyarakat akan di jauhkan dari berbagai penyakit dan pencemaran lingkung, selain itu kami juga membuat spiteng di setiap kedusunan, Deklarasi dan Pembinaan ini kami lakukan untuk menyadarkan masyarakat khususnya yang masih melanggar ODF/BABS dalam kehidupan sehari-hari” tuturnya.


Menurut PLKB Desa “kita sangat penting sekali untuk melakukan hidup yang sehat dan bersih, karena membuang air besar sembarangan akan mengundang berbagai penyakit kepada lingkungan juga tentunya ini tidak akan baik untuk kesehatan, selain itu membuang air besar sembarangan akan mencemari lingkungan dan mencemarkan bau yang tidak enak” tuturnya.


Perilaku buang air besar sembarangan (BABS/Open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/Open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak–semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

Bagikan Berita