Jayabakti.desa.id – PKLB Desa Jayabakti melakukan pendataan dan pembinaan terhadap masyarakat terkait program Keluarga Berencana, sehingga masyarakat akan memahami dan akan sadar dengan program Keluarga Berencana, kegiatan tersebut di lakukan oleh Kepala Desa, Pendamping PLKB Desa Jayabakti, serta Kader-kader Posyandu, acara tersebut berlangsung di aula Desa dan mematuhi aturan protokol kesehatan, Senin – 01/03/2021,

Menurut Ketua PLKB Jayabakti “pendataan ini sangat perlu sekali di lakukan karena ini akan menjadi bahan dan data khusus kependudukan untuk kader-kader posyandu, dan perlu juga penyadaran terhadap program Keluarga Berencana ini karena banyak manfaat dan akan sangat baik untuk masyarakat” tuturnya.

Menurut Kepala Desa “Alhamdulillah pendamping PLKB telah banyak membantu program Keluarga Berencana dan terus banyak memotivasi para kader untuk terus bersentuhan dengan masyarakat, dan pendataan ini akan bermanfaat untuk semuanya juga, karena bisa menjadi acuan data untuk Desa juga” tuturnya.


Manfaat Peran PLKB dalam membantu pelayanan KB sangat dirasakan manfaatnya oleh calon dan peserta KB (akseptor KB) berupa dukungan psikologis, Mengapa? ´ü▒Pendekatan kekeluargaan dan informasi memadai mengenai metode, alat dan obat kontrasepsi (alokon) yang dilakukan oleh PLKB kepada calon peserta KB melalui KIE dan kunjungan rumah memberi rasa nyaman dan kemantapan dalam memilih metode/alokon. Demikian juga pembinaan yang dilakukan kepada peserta KB untuk kelestarian penggunaannya.

 

Bagikan Berita